Minggu, 08 Juni 2014

Jenis Seni Teater Di Indonesia

Seni teater dalam seni budaya Indonesia dikategorikan sebagai salah satu sarana hiburan yang sangat menarik yang terbagi ke dalam beberapa bentuk :

  • Teater rakyat
    Jenis teater yang dilakukan oleh masyarakat kalangan pedesaan. Teater ini memiliki bentuk tkarakter yang bebas tidak terikat oleh kaidah yang bersifat spontan dan improvisasi. Contohnya : lenong, ludruk, ketoprak.
  • Teater Keraton
    Berkembang dilingkungan keraton dan bangsawan dan dilaksanakan hanya untuk kalangan terbatas . Bernilai artistik yang tinggi. Bercerita tentang pada kehidupan kaum bangsawan yang dekat dengan dewa-dewa seperti sejarah candi borobodur. Contohnya : teater Wayang.
  • Teater Urban
    teater urban muncul karena kebutuhan yang timbul karena kehidupan kelompok baru dalam masyarakat. Bisa dikatakan sebagai produk berupa fenomena alam kehidupan modern dalam seni pertunjukan di Indonesia.
  • Teater kontemporer
    Jenis pertunjukkan teater yang menampilkan peranan manusia sebagai individu yang dalam dirinya terkandung potensi besar dan tumbuh dengan kreatifitas tanpa batas. Pendukung teater ini masih sedikit, hanya yang menggeluti teater secara serius mengabdikan hidupnya pada teater.