Kamis, 08 Mei 2014

Perbedaan pengertian Visi dan Misi

Perbedaan visi dan misi tentunya akan jauh lebih mudah dimengerti  apabila dijabarkan satu per satu, berikut penjabaran perbedaan visi dan misi :

Visi :
Visi adalah sebuah tujuan dalam jangka waktu kedepan tentang sebuah perusahaan atau organisasi dan bisa juga diaplikasikan terhadap individu. Visi sendiri harus berorientasi untuk masa depan bukan untuk saat ini dan mempunyai prinsip serta nilai-nilai yang mengandung manfaat baik untuk perusahaan/organisasi/individu ataupun untuk masyarakat. Kriteria pemimpin yang baik tentunya adalah yang dapat menentukan visi dan misi secara benar dan tepat baik untuk internal dalam perusahaan atau organisasi ataupun masyarakat.

Misi :
Misi yaitu sebuah langkah atau rancangan apa yang harus dilakukan dan dikerjakan oleh perusahaan atau organisasi serta individu untuk dapat mencapai dan mewujudkan visi yang sudah dibuat. Misi sendiri pada praktiknya akan memberikan arah yang jelas untuk dapat mencapai visi sehingga kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan perusahaan/organisasi/individu berjalan dengan efisien dan efektif. Oleh karena itu untuk dapat menjalankan misi secara efisien dan efektif tentunya diperlukan proses komunikasi efektif dalam organisasi antara struktur organisasi perusahaan baik yang bersifat dari atasan ke bawahan ataupun dari bawahan memberi saran dan input pada atasan.

Contoh Perbedaan Visi dan Misi
Perbedaan visi dan misi selain dengan mengetahui definisinya masing-masing untuk dapat memahaminya juga bisa dengan membaca  contoh perbedaan visi dan misi perusahaan besar yang sudah berdiri selama bertahun-tahun sehingga kita pun dapat membuat visi dan misi secara baik dan tepat untuk di masa yang akan datang. Berikut contoh perbedaan visi dan misi dalam sebuah perusahaan atau organisasi :

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

  • Visi
    To become leading infocom player in the region
  • Misi
    Memberikan layanan “One stop Infocom services with excellent quality and competitive price and to be the rolemodel as the best managed Indonesian Corporation”
  • Penggunaan teknologi yang kompetitif
    Membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan berjalan secara sinergis
Dalam PT Telekomunikasi Indonesia Tbk kita bisa lihat perbedaan visi dan misi dengan jelas, visinya hanya satu yaitu untuk menjadi nomor satu atau yang paling pertama dalam bidang komunikasi. Untuk mencapai hal tersebut PT Telekomunikasi mempunyai beberapa misi yang salah satunya penggunaan teknologi kompetitif yang maksudnya yaitu selalu memperbaharui teknologi yang sedang berkembang sehingga kita sebagai pengguna bisa mendapatkan layanan yang paling terbaik.

Salah satu teknologi yang dapat kita nikmati sekarang ini adalah dengan adanya berbagai jenis smartphone yang mampu mengakses internet dimana saja sehingga kita dapat membuka web browser dan searching hal apapun yang kita ingin ketahui secara cepat dan singkat.