Rabu, 14 Mei 2014

Pengertian Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Emotional Quotient (EQ) adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk menerima, menilai, mengelola serta mengendalikan emosi yang ada dalam dirinya dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ada 5 kecerdasan emosional yang berperan penting di setiap tubuh manusia. Berikut penjelasan 5 kecerdasan emosional tersebut :

  • Kemampuan Mengenali Emosi Diri
    Kemampuan mengenali emosi sendiri adalah sebuah bagian dari kecerdasan emosional karena dengan kemampuan mengenali emosi sendiri itu akan membuatnya dapat berekspresi sesuai dengan kondisi dan keadaan hatinya saat itu. Baik dalam kondisi senang, bahagia, sedih, marah, kecewa, dll. Contohnya ketika kita mengamati kekasih mulai menunjukkan ciri-ciri pacar sedang selingkuh tentunya kita akan mengeluarkan emosi sedih yang berwujud tangisan atau ketika kita mendengar kisah cerita nyata orang bunuh diri tentunya emosi yang keluar dari dalam diri kita adalah emosi takut karena mendengar cerita tragis seperti  itu.
  • Kemampuan Mengelola Emosi
    Kemampuan mengelola emosi merupakan kemampuan yang ada di setiap dalam diri manusia yang berfungsi untuk mengimbangi kemampuan mengenali emosi diri sendiri, sehingga bisa disimpulkan kedua kecerdasan emosional ini sangat bergantung dan apabila salah satunya dalam keadaan rendahg tentu pribadi seorang tersebut bisa dikatakan tidak stabil. Contohnya, ketika kita minta dibelikan mainan boneka teddy bear kepada orang tua namun orang tua tidak mengabulkannya, tentu emosi kecewa  itu akan hadir dalam diri kita namun kemampuan mengelola  emosi lah yang berperan agar kita tetap dalam kondisi yang stabil dan tidak bereaksi berlebihan seperti berteriak ataupun berbicara kasar.
  • Kemampuan Memotivasi  Diri
    Untuk setiap orang yang memiliki kecerdasan emosional dalam aspek kemampuan memotivasi diri dalam kadar tinggi tentunya dalam menjalankan kehidupan dia sangat optimis dan  percaya diri untuk menggapai cita-citanya. Kecerdasan emosional ini wajib dimiliki oleh setiap pemimpin atau pengusaha agar mereka  selalu bisa memberikan motivasi kepada karyawan sehingga dapat terus bekerja secara maksimal untuk mencapai visi dan misi perusahaan bersama-sama. Bagi anda yang kadang merasa tidak percaya akan kemampuan dalam diri anda untuk melakukan sebuah hal, anda bisa mencoba tips dan cara meningkatkan rasa percaya diri dan cara memotivasi diri sendiri sebagai solusi atas masalah yang selama ini anda alami.
  • Kemampuan Mengenal Emosi Orang lain
    Kecerdasan emosional ini  berfungsi untuk kita selalu peka dan sensitif terhadap apa saja yang sedang terjadi di sekitar kita, sehingga cara bicara dan perilaku kita tidak akan melukai perasaan orang-orang yang ada di sekeliling kita. Kecerdasan emosional aspek kemampuan mengenal emosi orang lain ini biasa kita sebut dengan empati. Orang yang mempunyai rasa empati besar tentu akan disukai banyak orang karena pada dasarnya setiap orang senang apabila ada orang lain yang mengerti dan menghargai akan perasaannya.
  • Kemampuan Membina Hubungan
    Kemampuan membina hubungan berperan dalam setiap diri manusia untuk membantu bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang yang memiliki kecerdasan emosional ini dengan ukuran yang tinggi tentu akan mudah sekali disukai oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Menjadi pribadi yang menyenangkan pun salah satu cara membuat wanita jatuh cinta dan cara mencari jodoh yang baik, karena orang yang mempunyai perilaku baik tentunya akan dikelilingi oleh orang-orang yang baik juga.