Sabtu, 17 Mei 2014

Manfaat Dari Lingkungan Hidup

Manfaat lingkungan hidup akan terasa maksimal apabila kita ikut menjaga kelestariannnya dengan tidak menebang pohon sembarangan, ikut menjaga kebersihan sungai, tidak memakai kendaraan bermotor apabila berpergian dengan jarak dekat karena asap yang akan dihasilkan menjadi salah satu penyebabnya polusi udara, dll.

Berikut adalah manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan :

  • Manfaat Lingkungan Hidup Sebagai Tempat Tinggal
    Dengan adanya lingkungan hidup yang baik tentunya manusia, hewan, serta tumbuhan dapat berkembang biak serta berinteraksi dengan baik. Sehingga peran manusia, hewan, serta tumbuhan bagi lingkungan hidup pun akan tetap terjaga.
  • Manfaat Lingkungan Hidup Sebagai Tempat Mencari Makan
    Manfaat lingkungan hidup sebagai tempat mencari makan berlaku untuk setiap makhluk hidup yang ada di lingkungan, karena di lingkungan hidup sendiri terdapat sebuah mekanisme yang bernama rantai makanan atau piramida makanan. Rantai makanan harus tetap terjaga untuk menghindari salah satu yang ada di dalamnya terputus, karena satu saja terputus maka itu akan berpengaruh terhadap kelangsungan makhluk hidup lainnya termasuk manusia.
  • Manfaat Lingkungan Hidup Sebagai Penyedia Kebutuhan Vital
    Manfaat lingkungan hidup sebagai penyedia kebutuhan vital yang dimaksud adalah bahwa  selama ini lingkungan hidup yang membentuk suatu jaringan kehidupan lewat tersedianya kebutuhan-kebutuhan vital yang diperlukan oleh semua makhluk hidup seperti oksigen, nitrogen, air, dsb yang nantinya akan dibentuk menjadi siklus air, siklus energi, siklus udara, siklus hujan dsb.
    Salah satu yang dapat kita rasakan secara langsung dalam hal manfaat lingkungan hidup adalah adanya tumbuhan hijau di planet bumi tempat kita hidup dan tinggal ini. Karena tumbuhan hijau sendiri mempunyai banyak peranan dalam kehidupan seperti penyimpanan air, sumber makanan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, serta dapat melindungi manusia dan makhluk hidup lainnya dari terik matahari, debu, dan gas-gas yang sifatnya berbahaya bagi manusia.