Sabtu, 24 Mei 2014

Jenis seni grafis berdasarkan metode yang digunakkan

Jenis seni grafis dikategorikan berdasarkan metode yang digunakkan, alat dan cara pembuatannya yang berbeda, seperti berikut ini :

  • Cetak Tinggi
    Cetak tinggi adalah proses pembuatan dari bahan yang di cukil atau di cuil, sehingga permukaannya menjadi tinggi dan rendah, seperti relief pada candi borobudur. Pada bagian yang tinggi dilumuri dengan tinta cetak dan alat rol karet. Lalu dicetak pada lembaran kertas sehingga membentuk gambar. Contoh dari seni grafis cetak tinggi salah satunya pada  pada pembuatan cap atau stempel.
  • Cetak Saring
    Cetak saring dilakukan dengan tahapan mencetak dari bahan yang dilapisi bahan peka cahaya (screen), yang pada umumnya disebut sebagai sablon yang sering di jumpai pada pembuatan gambar dan tulisan pada kaus dan spanduk. Proses yang dilakukan dengan menggunakan tinta yang berada pada permukaan screen, kemudian akan tersaring melewati pori-pori screen, hingga menembus permukaan media datar yang diinginkan seperti kain, kertas dan sebagainya.
  • Cetak Dalam
    Mempergunakan bahan cetakan dari aluminium yang bagian permukaannya ditoreh hingga membuat goresan yang dalam. Kemudian tuangkan tinta di dalamnya. Proses pencetakan dilakukan dengan membasahi media kertas, lalu letakkan cetakan di atasnya. Tinta akan melekat dan membentuk gambar yang dikehendaki.
  • Cetak Datar
    Cetak datar adalah memperbanyak hasil cetakan dengan media permukaan yang datar. Cetak datar salah satunya terdapat pada teknik fotografi yaitu proses mencetak foto hasil jepretan kamera. Teknik cetak bisa menggunakan bahan film, kertas foto, dan bahan cuci film. Kemudian dengan teknik cetak digital menggunakan kamera digital, komputer,dan printer.