Selasa, 13 Mei 2014

Contoh Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan secara mendasar dapat di lihat dari bagian-bagiannya. Perbedaan tersebut terkait dengan kedudukannya dalam rantai makanan pada ekosistem, yang meletakkan tumbuhan sebagai pemasok makanan (produsen), sebaliknya hewan sebagai prodator, pemangsa (konsumen). Hal inilah yang membuat fungsi kedua organisme ini berbeda terhadap lingkungan.

Pada dasarnya sel pada hewan maupun tumbuhan memiliki struktur sel yang sama di awal. Namun dalam perkembangannya sel dasar pada hewan maupun sel mengalami pergerakan yang berbeda mengikuti media lingkungannya. Sehingga mulai ditemui perbedaan secara ekologis.

  • Bentuk dan pembelahan sel
    Pada cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sel menemukan bahwa, sel tumbuhan secara umum memiliki bentuk yang lebih ke persegi, namun sel hewan berbentuk bulat dan melingkar. Proses pembelahan sel (sitokenesis) yang terjadi pada tumbuhan berlangsung dengan pembentukan lempeng sel. Berbeda dengan yang terjadi pada sel hewan yang melakukan pelekukkan sel, sehingga terbelah menjadi 2 bagian.
  • Dinding Sel
    Pada sel tumbuhan dapat terlihat dinding sel yang tersusun dari selulosa dan bersifat keras da membran plasma. Hal ini bertujuan untuk melindungi dan memberikan bentuk tetap pada tetap. Berbeda dengan hewan yang hanya memiliki membran plasma sebagai lapisan terluar sel.
  • Kloroplas
    Perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang paling terlihat adalah keberadaan kloroplas (pada klorofil) di dalam sel tumbuhan. Kloroplas bekerja untuk mengumpulkan cahaya matahari sebagai bahan untuk melakukan proses fotosintesis dengan bantuan air dan karbon dioksida. Sehingga tumbuhan menghasilkan zat makanannya berupa zat gula yang berfungsi karbohidrat.
  • Vakuola
    Vakuola terdapat pada bagian sel tumbuhan yang secara signifikan menempati sekitar 90% dari volume sel tumbuhan. Vakuola emiliki ukuran yang besar pada sel tumbuhah serta memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan tanaman. Pada sel hewan hanya ditemukan sebagian kecil vakuola, kecil-kecil dalam jumlah yang banyak.
  • Plastida
    Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ini selanjutnya dapat ditemukan pada beragam jenis jamur, gangang  atau algae memiliki organel plastida. Plastida bertanggung jawab terhadap senyawa kimia mulai proses produksi hingga penyimpanan, termasuk juga pigmen tumbuhan. Berdasarkan jenis plastida warna sel dapat bervariasi. Misalnya kloroplas adalah jenis plastida yang berwarna hijau.
Contoh Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
  • Contoh perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat di ibaratkan pada ganggang hijau biru yang memiliki sel prokariotik primitif, namun sel tumbuhan dan hewan adalah sel eukariotik yang lebih maju dibanding prokariotik. Perbedaan antara sel-sel ini tergantung pada kompleksitas organisme, jumlah dan jenis-jenis sel yang bisa berbeda.
  • Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ini dipengaruhi oleh fungsi, bagian-bagian tubuh dan juga lingkungan yang berbeda pada setiap makhluk hidup, tidak hanya hewan dan tumbuhan.