Minggu, 20 April 2014

Jenis Tanaman Buah Jeruk Di Indonesia

Spesies jeruk yang diketahui diseluruh dunia sampai saat ini sekitar 600 varietas. Banyaknya jenis jeruk ini dikarenakan persilangan antara jenis-jenis jeruk yang menghasilkan variasi jenis baru. Selain itu, kondisi iklim dan juga tanah mempengaruhi jenis jeruk yang dihasilkan. Di bawah ini beberapa jenis jeruk yang terkenal di Indonesia t :

  • Jeruk manis
    Jenis jeruk ini yang biasanya langsung dapat dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dahulu. Jeruk pontianak, jeruk medan termasuk jenis ini karena rasanya yang manis dan segar saat dikonsumsi secara langsung.
  • Jeruk lemon
    Jeruk lemon berwarna kuning muda dengan permukaan kulit yang licin. Kandungan airnya yang banyak dengan aroma jeruk yan khas membuatnya banyak digunakan dalam pembuatan makanan. Jeruk lemon yang dikombinasikan dengan khasiat madu dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.
  • Jeruk nipis
    Salah satu varietas jeruk dengan ukuran yang kecil ini banyak dimanfaatkan untuk penyedap masakan. Kandungan asam sitrat yang kuat dapat mengurangi bau amis pada masakan daging-dagingan, baik daging ikan ataupun sapi.
  • Jeruk bali
    jeruk bali merupakan jenis jeruk yang berukuran paling besar diantara jenis jeruk yang lain. Kulit jeruknya hijau tebal yang melindungi daging buah yang tebal berwarna kemerahan. Daging buahnya banyak dikonsumsi sebagai campuran salad.