Jumat, 18 April 2014

Jenis susu yang beredar di pasaran

Jenis Susu yang kita kenal merupakan perahan susu sapi sebagai hewan utama penghasil susu. Susu yang dihasilkan ini berbentuk cair dengan warna putih yang bergantung pada sumber susu yang diambil. Berbagai variasi jenis susu yang banyak beredar dapat dibedakan berdasarkan prosesnya dan juga sumbernya. Berikut ini merupakan klasifikasi susu berdasarkan pemrosesannya :

  • Susu bubuk
    Jenis susu ini merupakan jenis yang banyak beredar di pasaran karena dianggap memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding jenis lain. Pengemasan susu dengan cara ini biasanya dibuat untuk minuman susu anak-anak dan bayi sehingga lebih mudah untuk ditambahkan berbagai unsur untuk menjadikan susu yang menyerupai ASI. Proses pembubukan susu ini dilakukan dengan pengeringan pada susu yang menjadikannya solid dan kering.
  • Susu pasteurisasi
    Jenis susu ini diawetkan dengan pemanasan dengan suhu yang mencapai 72 derajat celcius dalam waktu 15 detik. Hal ini bertujuan untuk membunuh organisme bakteri dmerugikan perusak susu. Pemansan seperti ini memang membunuh bakterinya namun sporanya masih tetap hidup, apalagi bagi spora yang tahan terhadap suhu panas.
  • Susu homogenisasi
    Sebenarnya susu jenis ini mengalami pasteurisasi ini yang kemudian diproses dengan tekanan tinggi. Butiran lemak menjadi halus yang kemudian tidak mengapung lagi pada permukaan susu. Jenis susu ini harus disimpan dalam lemari pendingin agar kandungan susunya tidak rusak.
  • Susu UHT (Ultra High Temperature)
    Kebanyakan jenis susu ini merupakan susu kemasan yang siap minum. Pemrosesan susu ini menggunakan strelisasi oleh suhu yang sangat tinggi dengan waktu yang singkat. Strelisasi dilakukan pemanasan hingga temperatur sampai 150 derajat celcius hanya dalam waktu tidak lebih dari 2 detik. Cara ini digunakan untuk mematikan mikroba yang kemudian dikemas dengan botol dan kotak yang bebas bakteri.