Rabu, 16 April 2014

Jenis Keju Terpopuler Di Dunia

Hampir di setiap jenis keju memiliki tekstur dan rasa yang berbeda satu sama lain karena pembuatannya yang memang berbeda-beda. Dengan banyaknya jenis keju ini membuatnya amat populer karena banyak digunakan. Keju memang kerap kali digunakan sebagai menu sarapan sebagai isian roti, untuk pembuatan kue dan juga sebagai topping masakan, berikut ini diantaranya :

  • Keju Cheddar – Jenis keju ini banyak dikonsumsi oleh oran Indonesia, bahkan produk keju terlaris di Indonesia menggunakan nama keju ini untuk brandnya. Keju cheddar berasal dari Inggris yang namanya di ambil dari nama wilayah penghasilnya. Keju cheddar banyak dikonsumsi untuk isian roti untuk menambah nutrisi sarapan yang dikombinasikan dengan berbagai macam sayuran.
  • Keju Edam – Keju edam merupakan jenis keju tradisional Belanda yang terbuat dari susu low fat sehingga cocok untuk cemilan sehat tidak bikin gemuk  saat diet. Keju edam memiliki tekstur agak padat dengan warna kekuningan bertekstur lembut. Ciri khasnya adalah warna merah dari lilin yang membungkus jenis keju ini, untuk pengawetan dan menjaga cita rasanya.
  • Keju Parmesan – Parmessan cheese merupakan keju parut khas Italia. Jenis keju padat ini dikemas berbentuk serpihan parutan yang cocok untuk taburan toping kue atau pizza. Teksturnya padat dan agak keras karena proses pemeramannya cukup lama, bisa bertahun-tahun dan yang pasti aromanya sangat tajam.
  • Keju Mozzarella – Anda pecinta macaroni panggang atau pizza itali? pastinya sangat kenal dengan jenis keju ini. Keju mozzarella berasal dari Italia dibuat dengan proses yang diputar-putar dan dipotong (mozzare) sehingga di namakan mzzarella. Saat hangat, keju ini meleleh yang membuat cita rasanya menjadi semakin unik.
  • Keju Gouda – Keju guuda berasal dari kota Gioda Belanda yang menjadi kota penghasilnya. Keju gouda seperti keju edam yang memiliki zat parafin sebagai lapisannya. Keunikannya terletak di rasa kejunya yang mirip dengan dengan bentuk bulat bertekstur lembut.
  • Keju Mascarpone – Jenis keju kental dari Italia ini bertekstur seperti cream cheese yang digunakan untuk pembuatan kue tiramisu. Teksturnya yang seperti cream cheese ini memiliki sensasi rasa yang berbeda cream cheese.
  • Keju Feta – Salah satu jenis keju tertua ini berasal dari Yunani Keju tersebut terbuat dari susu domba, kerbau dan susu sapi bersama-sama atau secara terpisah. Jenis susu yang digunakan harus berkualitas dan bersih agar keju yang dihasilkan lebih berkualitas. Warnanya putih bersih dengan tekstur agak menggumpal dan cocok untuk dessert atau salad.