Sabtu, 12 April 2014

Cara Mengatasi Mabuk Laut

Perjalanan yang melintasi laut terkadang terbayang sangat mengasyikan awalnya namun, hal tersebut bisa berubah menjadi mengerikan ketika mabuk laut melanda. Perasaan buruk yang dirasakan seperti mual perut kenudian dunia terasa berputar-putar di sekitar Anda, lalu suhu tubuh meningkat cepat.

Perjalanan di atas kapal berbeda dengan perjalanan darat karena perjalanan laut ini seseorang akan merasakan guncangan-guncangan akibat ombak. Keadaan yang tidak biasa tersebut, kemudian harus cepat diadaptasi oleh tubuh karena itulah terjadi mual dan pusing yang menyiksa. Mengatasi mabuk laut ini bisa dilakukan dengan bebrapa kiat seperti berikut ini :

  • Jangan minum minuman keras sesaat sebelum menaiki kapal – Mual pada mabuk laut bisa menjadi lebih parah karena kadar alkohol berlebih dalam tubuh.
  • Hindari makan makanan yang berminyak – Jenis makanan yang berminyak ini mengandung lemak berlebih yang akan membuat masalah pencernaan yang labih parah.
  • Tetap berada di dek kapal, di mana udara segar dan dapat melihat cakrawala luas – Ketika tetap tinggal di dek penglihatan akan tertuju pada cakrawala yang sangat membantu menjaga keseimbangan. Bau bahan bakar diesel juga dapat memperburuk mabuk laut, udara segar pada dek akan membantu untuk menghindarinya.
  • Bersihkan telinga sebelum berlayar - Hal tersebut sedikit banyak akan membantu mengurangi wilayah yang rawan terhadap mabuk laut, dengan kemungkinan mekanisme keseimbangan pada telinga untuk bekerja lebih baik.
  • Patikan kondisi tubuh baik – tubuh yang fit akan mengurangi kesempatan terjadinya mabuk laut dan juga mengurangi efek melemahkan pada saat terjadi mabuk laut.