Kamis, 24 April 2014

Cara Mencegah Penyakit Hidrosefalus

Tentunya kita sebagai calon orang tua tidak menginginkan buah cinta kita mengidap penyakit hidrosefalus berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit hidrosefalus yang dapat dilakukan :

  • Sebelum melangkah lanjut ke jenjang pernikahan, ada baiknya kedua calon baik pria dan wanita memeriksakan kesehatannya ke dokter. Ini adalah salah satu hal yang paling sering dilupakan para calon pengantin saat membuat list persiapan pernikahan. Hal ini dilakukan demi mencegahnya cacat bawaan saat anak sudah lahir dan menghindari penyebab kemandulan atau tidak.
  • Setelah menikah dan saat sudah dalam masa mengandung diwajibkan untuk selalu kontrol ke dokter dan menjalani USG kehamilan agar mengetahui perkembangan janin berjalan normal atau tidak dan memastikan tidak adanya kemungkinan penyakit hidrosefalus. Dan segera obati apabila anda mengalami keputihan saat hamil karena itu sangat tidak baik untuk perkembangan janin.
  • Saat anak sudah lahir sebaiknya selalu memikirkan kesehatan dan kehigienisan tempat anak bertumbuh kembang, karena infeksi virus penyakit berbahaya, bakteri, berbagai jenis jamur adalah salah satu penyebab penyakit hidrosefalus. Oleh karena itu sebagai pencegahan kita juga harus mengikuti anjuran untuk  12 jenis imunisasi bayi terhadap anak kita.
  • Selalu lindungi bagian kepala anak yang masih lunak dan sensitif tersebut, karena apabila misalnya jatuh dan terdapat trauma besar kemungkinan bisa saja nanti anak akan mengidap penyakit hidrosefalus.