Jumat, 28 Maret 2014

Pengertian kurikulum

Pendapat mengenai pengertian kurikulum dikemukakan oleh Daniel Tanner & Laurel Tanner, “Kurikulum merupakan pengalaman pembelajaran yang terarah dan juga terencana secara terstruktur dan tersusun melalui sebuah proses rekonstruksi pengetahuan dan juga pengalaman yang secara sistematis berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga para pembelajar dapat terus memiliki motivasi dan minat untuk belajar.”

Sedangkan dalam hukum indonesia tertulis pada UU No. 20 Tahun 2003 mengenai kurikulum yaitu, “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.”

Jadi pengertian kurikulum merupakan sebuah rancangan dalam dunia pendidikan sebagai komponen utama dalam pembelajaran dan proses pengembangan sistem belajar yang ada pada institusi pendidikan. Oleh karena itu sebagai acuan kegiatan pendidikan, dibutuhkan landasan yang kuat dan dilakukan penelitian yang intensif. Contohnya kurikulum pada pendidikan anak usia dini di indonesia.