Jumat, 21 Maret 2014

Pengembangan diri menjadi orang yang adil

Pengembangan diri menjadi orang yang adil

  • Sebuah negara dan pemerintah yang baik harus melaksanakan tujuan mengembangkan kebajikan-kebajikan moral pada para petugasnya. Demikian pula, para administrator pemerintahan harus mengembangkan dirinya agar memiliki berbagai kebajikan moral, terutama keadilan.
  • Setiap administrator pemerintahan yang baik wajib secara mandiri mengembangkan dirinya agar menjadi seorang yang adil. Orang yang adil menurut Plato adalah seseorang yang bagian-bagian dari jiwanya yakni akal, emosi, dan hasrat secara selaras menjalankan fungsinya masing-masing dengan dikendalikan oleh akal.
  • Ciri-ciri lainnya dari orang yang adil menurut beberapa cendekiawan pemikir ialah memiliki keutuhan watak, asas-asas hidup yang ajeg, watak yang tulus, dan berkeinginan menjadi adil.
  • Pengembangan diri menjadi orang yang adil memang tidak mudah karena adanya berbagai godaan dan gangguan dalam masyarakat modern dewasa ini. Namun, keberhasilan seseorang administrasi pemerintahan menjadi orang yang adil dan memiliki jiwa keadilan merupakan suatu pahala tersendiri yang memberikan kebahagiaan sejati.