Sabtu, 08 Maret 2014

Pelaksanaan metode the student group

Penerapan metode The Student Group adalah merupakan metode yang bisa dikatakan baru, dengan metode ini dapat merangsang pikiran anak untuk memunculkan ide-ide atau ketidak fahaman mereka terhadap pelajaran yang dihadapi agar penyajian metode ini tidak membosankan dan menarik perhatian siswa maka maka dapat dilakukan dengangan cara:

  • Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, dengan cara berhitung 1-5. guru menciptakan suasana tenang dan nyaman untuk tempat belajar kelompok
  • Guru meminta setiap siswa mempelajari dan juga mendiskusikan topic pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru. Guru sebaliknya juga memberikan  bahan atau sumber bacaan lain mengenai topic pembelajaran yang dibahas.
  • Guru memandu The Student Group kelas (setelah studi kelompok) baik mengenai hal isi, ilustrasi/ contoh, serta penerapan isi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, guru hendaknya menerangkan materi secara jelas.
  • Guru bersama siswa membuat kesepakatan/komitmen untuk selalu mengambil hikmah dan juga menegakkan isi pembelajaran yang dibahas, dengan cara mempelajari, mendalami serta menghayatinya, dalam kehidupan sehari-hari.