Rabu, 26 Maret 2014

Macam macam dan jenis turbin

Turbin dapat dikategorikan berdasarkan tipe energi yang digunakan untuk menghasilkan daya gerak atau energi. Berbeda dengan jenis genset yang beredar di pasaran yang tidak dapat memanfaatkan tenaga alam untuk menghasilkan listrik. Sesuai dengan energi yang digunakan ada 4 jenis turbin yang ada di pasaran.

  • Turbin Uap
  • Turbin Air
  • Turbin Angin
  • Turbin Gas
Turbin Uap
Turbin uap merupakan jenis turbin yang pertama dibuat oleh manusia dan menjadi tonggak awal perkembangan berbagai jenis turbin lainnya. Uap yang dihasilkan dapat dari pembakaran batu bara, minyak, dan reaktor nuklir, uap yang dihasilkan ini diarahkan ke turbin untuk menggerakkan generator untuk menghasilkan energi.

Turbin Air
Turbin air bekerja pada prinsip yang sama seperti turbin uap tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka menggunakan air bukan uap sebagai sumbernya. Air yang digunakan oleh turbin dapat berasal dari danau dan sungai.

Turbin Angin
Turbin angin merupakan jenis turbin yang menggunakan tenaga angin untuk menghasilkan listrik.

Turbin Gas
Salah satu jenis turbin yang memanfaatkan gas tekanan tinggi untuk menghasilkan listrik. Jenis yang ini merupakan salah satu teknologi terbaru yang dikembangkan untuk teknologi turbin.