Kamis, 27 Maret 2014

Kriteria pemimpin yang baik sebuah organisasi

Peran pimpinan pada organisasi sangat penting karena seperti sebuah kapal yang membutuhkan nakhoda tangguh karena akan menentukan bagaimana organisasi tersebut akan berjalan. 10 kriteria pemimpin yang baik di bawah ini adalah hal wajib yang harus dimiliki para pemimpin :

  • Visioner
    Pemimpin yang baik akan mampu menciptakan gambaran masa depan, bagaimana organisasi tersebut. Pemimpin dapat meningkatkan kualitas dan melakukan kemitraan dengan rekan-rekan, tim eksekutif, karyawan atau juga konsultan luar. Untuk mendapatkan visi terbaik, seorang pemimpin membutuhkan banyak ide dan orang-orang mendukung apa yang dilakukan dan membantu menciptakannya.
  • Strategis
    Kriteria Pemimpin yang baik akan memahami dengan jelas dan langsung menghadapi kekuatan dan kelemahan organisasi mereka, serta peluang dan ancaman eksternal organisasi tersebut. Sifat strategis ini bisa dilihat pada jalan pikirannya dalam banyak hal seperti, memancing mitra besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar pula bagi organisasi.
  • Fokus
    Setelah visi dan misi organisasi ditetapkan, pemimpin yang baik akan berusaha mencapai apa yang telah ditetapkan dengan melakukan berbagai inisiatif baru. Sebaliknya, para pemimpin yang buruk mungkin memiliki puluhan program dan prioritas yang saling bertentangan. Pemimpin dengan 20 prioritas pada dasarnya tidak memiliki prioritas.
  • Persuasif
    Para pemimpin yang baik dapat membawa orang lain untuk memahami sudut pandangnya dengan menggunakan logika, akal, emosi dan kekuatan kepribadian. Mereka memotivasi dengan persuasi ketimbang intimidasi. Kuncinya di sini adalah kriteria pemimpin yang baik adalah mampu berbicara dari hatinya.
  • Menyenangkan
    Para pemimpin yang baik mungkin berlatar belakang para ilmuwan, insinyur atau ahli teknis , tetapi mereka mengakui keterampilan interpersonal adalah hal yang terpenting. Mereka menampilkan kecerdasan emosional tingkat tinggi, dan berkembang pada kemahiran namun tetap disukai. Sekali lagi, kuncinya adalah apa yang ada di dalam diri si pemimpin tersebut.