Kamis, 20 Maret 2014

Keadilan sebagai suatu nilai sangat luhur dalam pemerintahan

Keadilan sebagai suatu nilai sangat luhur dalam pemerintahan

  • Nilai dewasa ini dapat digolongkan menjadi jenis nilai dan ragam nilai. Jenis nilai menunjuk pada isi substantif dari objek yang berkaitan dengan segi-segi kehidupan manusia. Ragam nilai mengacu pada sifat pendirian dari objek yang berkaitan dengan fungsinya untuk memuaskan keinginan manusia.
  • Ragam nilai yang terkenal ialah dwipembagian dalam nilai ekstrinsik dan nilai intrinsik. Nilai ekstrinsik adalah suatu nilai yang berfungsi sebagai sarana/alat untuk mencapai sesuatu hal lain, termasuk sesuatu nilai lain apa pun. Nilai intrinsik adalah suatu nilai dari ide atau pengalaman yang bersifat baik atau patut dimiliki sebagai suatu tujuan tersendiri.
  • Selain itu dikenal pula nilai yang penghabisan, yaitu suatu nilai atau cita yang suatu masyarakat menganggapnya sebagai bersifat pokok, tak dapat dibantah, dan tak berubah.
  • Istilah Latin summum bonum berarti hal baik yang terluhur, yaitu suatu tujuan (atau nilai) yang tertinggi dari kehidupan manusia yang demi itu semua hal lain dilakukan atau suatu tujuan yang penghabisan dari kelakuan manusia, yang secara intrinsik dan substantif adalah baik.
  • Keadilan menjadi objek dari keinginan yang didambakan dalam kehidupan masyarakat dan diusahakan terwujud pada perilaku para anggota masyarakat itu. Dengan demikian, keadilan merupakan sebuah nilai.
  • Keadilan sebagai suatu nilai yang sangat luhur merupakan nilai perserikatan dan sekaligus juga nilai perwatakan. Sebagai suatu nilai perserikatan keadilan merupakan faktor yang sangat penting dalam setiap kehidupan negara dan penyelenggaraan pemerintahan bagi tercapainya suatu masyarakat yang aman, damai, dan tenteram. Sebagai suatu nilai perwatakan keadilan menjadi pedoman utama bagi penerapan kebajikan perseorangan dan perwujudan watak luhur dari masing-masing anggota masyarakat.