Kamis, 27 Maret 2014

Karakter pemimpin yang baik bagi perusahaan

Secara garis besar kriteria pemimpin yang baik seperti yang telah disebutkan di atas memberikan atmosfer yang positif bagi sebuah organisasi. Dalam dunia kerja karakter pemimpin yang baik bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini :

  • Menjadi teladan yang baik
    Untuk mendapatkan rasa hormat, penting untuk menunjukkan bahwa apa yang bisa anda lakukan. Orang-orang akan menghormati dan mendengarkan pemimpin jika mereka tahu, bahwa anda memiliki pengetahuan yang luas pada bidang anda. Diskusikan pengalaman tanpa pamer, dan tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mencapai posisi bos sekarang, tapi membuat mereka akan lebih bersemangat untuk menjadi bagian dari tim dan akan mengagumi Anda.
    Meskipun menjadi bos, tetaplah bersikap ramah kepada semua karyawan dan harus memenuhi standar dasar profesionalisme, seperti berpakaian rapi, datang untuk bekerja dan pertemuan tepat waktu, dan berkomunikasi secara profesional.
  • Memberikan peraturan dan harapan sejelas-jelasnya
    Apakah seorang CEO dari sebuah perusahaan atau manajer sebuah tim dari empat orang, penting untuk membuat harapan jelas dari awal. Memiliki kode etik atau buku peraturan, dapat menunjukkan bagaimana karyawan harus bertindak. Jika bekerja pada sebuah proyek, tujuan dan harapan harus jelas dari awal sehingga karyawan akan termotivasi dan juga tidak bingung. Aturan dan tujuan tertulis akan lebih baik diterapkan.
  • Mendengarkan masukan
    Meskipun penting untuk bersikap tegas, namun kriteria pemimin yang baik harus memberikan ruang untuk pertimbangan lain sehingga tidak terlihat seperti pemimpin diktator. Juga, ada banyak pelajaran dari masukan karyawan anda yang akan membantu bisnis lebih berkembang.