Jumat, 28 Maret 2014

Fungsi kurikulum pendidikan

Pengertian kurikulum sebagai acuan bahan ajar berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan atau pengawasan bagi tenaga pendidik. Sedangkan untuk orang tua, digunakan sebagai pedoman dalam memberikan bimbingan pembelajaran anak di rumah. Namun yang paling penting adalah fungsi kurikulum bagi siswa sebagai subjek kegiatan pendidikan yaitu :

  • Fungsi Integrasi : Memiliki arti sebagai perangkat dalam pendidikan yang akan menghasilkan individu-individu yang utuh. Sebagai makhluk hidup yang bermasyarakat, siswa harus mampu berkepribadian yang dibutuhkan dalam kehidupan sosial.
  • Fungsi Penyesuaian : Fungsi kurikulum memberikan pengarahan kepada peserta didik agar mampu beradaptasi dengan lingkungan secara fisik dan mental. Kondisi lingkungan yang dapat berubah, membutuhkan penyesuaian diri yang baik dengan apapun yang dapat terjadi dalam lingkungannya.
  • Fungsi Persiapan : Hal ini berarti kurikulum pendidikan mampu mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya,misalnya memilih jurusan kuliah favorit yang menjadi keahlian anak didik. Disamping itu juga memberikan persiapan terhadap hal-hal yang mungkin bisa terjadi, misalnya ketika tidak bisa meneruskan pendidikan.
  • Fungsi Diagnostik : Fungsi kurikulum sebagai alat bantu pendidikan dalam mengarahkan peserta didik dengan memahami kekuatan dan kelemahan yang berbeda bagi setiap orang. Sehingga dapat mengembangkan kelebihannya dan juga memperbaiki kelemahan yang ada dalam diri.