Rabu, 12 Februari 2014

Teknik dasar permainan bulu tangkis

Teknik dasar dalam permainan bulu tangkis mutlak harus dikuasai, agar seseorang pemain mampu melakukan permainan bulu tangkis dengan baik. Adapun teknik dasar antara lain:

  • Sevice
    Pukulan service merupakan pukulan yang mengawali, atau sajian bola pertama sebagai permulaan permainan. Service merupakan pukulan yang sangat menentukan dalam awal perolehan nilai, karena hanya pemain yang melakukan service yang dapat memperoleh angka (IcukSugiarto, 2003 :  30)
  • Lob
    Pukulan lob dapat dilakukan baik dari bawah maupun dari atas kepala, pukulan lob merupakan pukulan yang sangat penting bagi bola pertahanan maupun menyerang (Icuk Sugiarto, 2002 : 43)
  • Smash
    Pukulan smash merupakan pukulan yang keras dan cepat. Baik smash lurus maupun smash menyilang, keduanya dapat dipukul dengan ayanan yang sama dan bola dipukul tajam ke bawah dengan kecepatan yang lebih keras (Icuk Sugiarto, 2002 : 49).
  • Drop Shot
    Pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan bola secepatnya dan sedekat-dekatnya dengan jaring pada lapangan lawan (Icuk Sugiarto, 2002 :58)
  • Drive
    Pukulan yang bisa digunakan untuk menekan lawan atau tidak memberikan kesempatan kepada lawan mendapatkan bola-bola yang melambung sehingga lawan tidak memperoleh kesempatan menyerang dengan pukulan atas (Icuk Sugiarto, 2002 : 64)
  • Permainan Jaring (net)
    Dalam permainan net bola harus diambil sewaktu bola masih diatas. Apabila bola diambil setelah berada dibawah, tempo permainan akan menjadi lambat dan hal memberikan kesempatan lawan lebih siap untuk maju (Icuk Sugiarto, 2002 : 68).