Selasa, 04 Februari 2014

Pengertian konsep diri

Pengertian Konsep diri merupakan salah satu aspek perkembangan psikososial peserta didik yang penting dipahami oleh seorang guru. Hal ini karena kensep diri merupakan salah satu variable yang menentukan dalam proes pendidikan. Konsep diri bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Kita dilahirkan dengan konsep diri tertentu. Bahkan ketika dilahirkan kita tidak memiliki konsep diri, tidak memiliki pengetahuan tentang diri, dan tidak memiliki pengharapan bagi diri kita sendiri, serta tidak memiliki penilaian apapun terhadap diri kita sendiri.

Dengan demikian konsep diri terbentuk melalui proses belajar yang berlangsung sejak masa pertumbuhan hingga dewasa. Lingkungan, pengalaman dan pola asuh yang signifikan terhadap pembantukan konsep diri seseorang . sikap dan respon orang tua serta lingkungan akan menjadi bahan informasi bagi anak untuk menilai siapa dirinya.

Anak-anak yang tumbuh dan dibesarkan dalam pola asuh yang keliru atau negatf, seperti orang tua yang suka memukul, nengabaikan, kurang memberikan kasih sayang, melecehkan, menghina, tidak berlaku adil, dan seterusnya, ditambah dengan lingkungan yang kurang mendukung cenderung mempunyai konsep diri yang negatif.