Selasa, 04 Februari 2014

Pemimpin dan pemekaran kelompok

Manakalah suatu kelompok berkembang menjadi lebih besar, lebih luas dan lebih kompleks, pada saat itulah ikut berkembang pula suatu kepemimpinan. Hal yang demikian bisa dimengerti mengingat dengan semakin luas dan kompelsnya sesuatu kelompok bisa jadi berakibat pula dengan semakin banyaknya fungsi dan tujuan dari kelompok bisa jadi berakibat pula dengan semakin sehubungan dengan hal ini, dalam Buku Psikologis Kepemimpinan dijelaskan bahwa “Dalam kondisi yang demikian, pemimpin utama (primary leader) akan menempati puncak hirarki, disusul dengan pemimpin-pemimpin tingkat kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Sementara para bawahan sudah barang tentu akan menempati posisi lapisan terbawah dari hirarki tersebut “(Cahyono, 1984 : 25).

Selanjutnya dalam buku Psikologi Sosial dijelaskan bahwa : “Munculnya seseorang pemimpin merupakan hasil dari suatu proses yang dinamis yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan kelompok tersebut” (Ahmadi. 1998 : 142).

Dengan demikian, pengembangan hirarki semacam itu sekaligus adanya proses yang dinamis menghendaki adanya pendelegasian atau pemencaran peran kepemimpinan dan pergeseran kondisi demikian akan menjadi lebih kompleks dan otomatis memerlukan sejumlah pemimpin serta sekaligus menciptakan satu kondisi bagi munculnya sejumlah pemimpin.