Senin, 27 Januari 2014

Syarat terjadinya interaksi

Sedangkan syarat terjadinya interaksi adalah: (Ibid, hal 20-21)

  • Adanya kontak sosial
    Kata kontak dalam bahasa inggrisnya “contack”, dari bahasa lain “con” atau “cum” yang artinya bersama-sama  dan “tangere” yang artinya menyentuh. Jadi kontak berarti sama-sama menyentuh.Kontak social ini tidak selalu melalui interaksi atau  hubungan fisik, karena orang dapat melakuan kontak social tidak dengan menyentuh, misalnya menggunakan HP, telepon dsb.
  • Komunikasi sosial
    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak kepihak yang lain dalam rangka mencapai tujuan bersama.  Melalui tafsiran pada perilaku pihak lain, seseorang mewujudkan perilaku sebagai reaksi terhadap maksud atau peran yang ingin disampaikan oleh pihak itu.
Komunikasi sosial dapat diwujdukan dengan pembicaraan, gerak-gerik fisik ataupun perasaan. Selanjutnya dari sini timbul sikap dan ungkapan perasaan, seperti senang, ragu-ragu, takut atau menolak, bersahabat yang merupakan reaksi atas pesan yang diterima. Saat ada aksi dan reaksi itulah terjadinya komunikasi.

Sedangkan komunikasi sosial dapat diartikan sebagai syarat pokok lain daripada proses sosial. Komunikasi sosial mengandung pengertian persamaan pandangan antara orang-orang yang berinteraksi terhadap sesuatu.

Berdasarkan uraian di atas dapat penulis simpulkan bahwa kontak sosial dan komunikasi sosial merupakan dua hal yang harus dipenuhi dalam proses berlangsungnya interaksi sosial.