Rabu, 29 Januari 2014

Masalah didalam perkawinan

Menurut Bachtiar (2004), masalah-masalah sering timbul dalam kehidupan perkawinan akan mempengaruhi kebahagiaan dalam perkawinan. Secara potensial sumber masalah atau konflik berada pada beberapa faktor

  • Komunikasi
    Salah satu hal yang sampai saat ini diyakini sebagai penyebab utama konflik atau masalah adalah komunikasi yang buruk. Ini bisa berupa verbalisasi yang tidak jelas, cara bicara yang menyakitkan, penggunaan kata-kata yang kurang baik, ekspresi wajah yang tidak menyenangkan, nada suara yang merendahkan atau melecehkan pihak lain, dan sebagainya.
  • Pembagian peran
    Pembagian peran dalam kehidupan rumah tangga penting. Kalau pembagian itu tidak seimbang, maka dapat dipastikan konflik akan muncul.
    Dari awal pernikahan, setiap pasangan suami-istri melakukan peran dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pernikahannya. Pembagian peran bisa dijelaskan berdasarkan jenis kelamin atau berdasarkan kemampuan dan keterampilan masing-masing.
  • Perbedaan inidvidual
    Potensi sumber masalah terbesar dalam perkawinan adalah perbedaan individu suami-istri, terutama yang bersumber pada sistem nilai dan ciri kepribadian masing-masing suami-istri. Nilai-nilai yang berbeda sangat mudah menimbulkan masalah, apalagi pada saat mengambil keputusan.