Kamis, 16 Januari 2014

Manajemen bapak isme

Manajemen Bapak- Isme adalah manajemen yang berjalan karena pandangan dan ketaatan bawahan terhadap menager-nya sebagai bapak sudah sepatutnya atau sepantasnya ditaati dan dituruti kemauannya sebalik-baliknya. Jadi disini ketaatan dan ketertiban itu terdasar atas perasaan segan dan sayang kepada si bapak. Manajemen bapak-isme dapat berjalan memandang terhadap atasannya sebagai bapak, dan selama atasan itu dalam sikap serta sepak terjangnya memang dapat memperoleh respek.

Kelemahan manajemen Bapak-Isme

  • Pengurusan dari pada hal-hal yang zakelijk (tegas) didasarkan atas perasaan, sehingga selalu akan gagal.
  • Penggantian pimbinaan sukar, oleh sebab tidak banyak orang yang dapat berperan sebagai bapak.
  • Manajemen semacam itu hanya dapat digunakan dalam lingkungan usaha kecil. 
  • Kerjasama atas dasar perasaan, lambat laun akan mengalami keretakan yang tidak dapat diperbaiki dengan menggunakan perasaan.
Dalam manajemen bapak-isme ini, segalanya akan mengikuti kepribadian dan kemampuan si bapak, tatacara kerja, luas dan bentuk organisasi, norma-norma kepegawaian, dan sebagainya.

Dengan demikian maka jelaslah bahwa manajemen tidak dapat berlangsung menurut asas-asas yang rasionil menuju efisiensi dan peningkatan produktifitas, melainkan didorong oleh rasa mengabdi kepada si bapak, dan semua orang mengikuti apa kata atau kehendak bapak. Tapi apabila si bapak bisa berfikir rasionil dalam menjalankan fungsi manajemen maka ini merupakan tipe manajemen yang unik dan ampuh.