Jumat, 06 Desember 2013

Pengertian bioteknologi

Bioteknologi adalah penggunaan proses biologis, organisme, atau sistem untuk memproduksi produk yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Para bioteknologi awal adalah petani yang mengembangkan spesies untuk meningkatkan dari tumbuhan dan hewan dengan lintas pollenization atau persilangan. Dalam beberapa tahun terakhir, bioteknologi telah diperluas dalam kecanggihan, lingkup, dan penerapan.

Bioteknologi dapat diartikan sebagai pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi dengan menggunakan mekhluk hidup sebagai alat bantu untuk menghasilkan produk atau jasa guna kepentingan manusia. Bioteknologi bukanlah suatu disiplin ilmu melainkan peranan ilmu (suatu teknik dalam biologi). Dalam bioteknologi , makhluk hidup digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa dengan alasan karena makhluk hidup :

  • Senantiasa berkembangbiak dan dapat dibiakkan (terbaharukan).
  • Mudah diperoleh.
  • Sifatnya dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan
  • Dapat menghasilkan berbagai macam produk yang dibutuhkan.
Bioteknologi Konvensional yaitu pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan produk atau jasa sudah banyak dilakukan sejak dulu. Di Indonesia , orang telah lama mengenal proses pembuatan tape , tuak dan tempe dengan menggunakan mikroorganisme.