Rabu, 11 Desember 2013

Ikatan silang polimer

Ikatan Silang Polimer (Cross Linked Polymers).Kebanyakan polimer, sering disebut sebagai plastik atau termoplastik, tidak mempunyai ikatan silang polimer. Artinya, ikatan antara molekul dan rantai polimer dapat rusak dan kembali terpasang. Jika Anda berpikir tentang plastik yang paling umum, mereka bisa ditekuk ke dalam berbagai bentuk dengan panas. Mereka juga dapat didaur ulang. Botol soda plastik dicairkan dan dapat digunakan kembali untuk membuat segalanya dari karpet untuk jaket bulu, atau dibuat menjadi botol air yang baru. Ini semua dilakukan hanya dengan penambahan panas.

Di sisi lain ikatan polimer silang tidak dapat dikembali setelah terkait ikatan silang antara molekul rusak. Ikatan polimer silang sering menunjukkan sifat yang diinginkan seperti kekuatan tinggi, kekakuan, sifat termal dan kekerasan.

Dalam FRP (Fiber Reinforced Polymer) produk komposit, polimer terikat silang yang paling sering digunakan, dan mereka disebut sebagai resin, atau resin termoset. Polimer yang paling umum digunakan dalam komposit poliester, vinil ester, dan epoxy. Namun, mungkin atribut negatif terbesar untuk resin termoset adalah ketidakmampuan polimer yang akan direformasi, dibentuk kembali, atau didaur ulang.