Selasa, 17 Desember 2013

Fungsi sumber daya alam sebagai faktor produksi

Bumi sebagai tempat makhluk hidup, luasnya relatif tetap, sedangkan makhluk hidup khusunya manusia, jumlahnya terus meningkat. Peningkatan jumlah manusia diikuti dengan peningkatan kebutuhan, baik dalam jumlah maupun jenis, yang harus dapat dipenuhi dan ini berarti dibutuhkan makin banyak sumber daya alam dan makin banyak pula limbah dari proses produksi maupun proses konsumsi.

Sumber daya modal dan sumber daya manusia sebagai faktor produksi mempunyai peran yang searah dengan pertumbuhan ekonomi, artinya bertambahnya pertumbuhan ekonomi, diikuti dengan bertambahnya sumber daya modal dab sumber daya manusia. Sumber daya alam mempunyai hubungan yang tidak searah dengan laju pertumbuhan ekonomi diikuti oleh menurunnya sumber daya alam.

Dengan kondisi yang demikian, banyak anggapan bahwa faktor sumber daya alam merupakan faktor yang sangat menentukan bagi proses pembangunan ekonomi suatu negara. Negara yang banyak mempunyai sumber daya alam akan mengalami proses pembangunan yang cepat. Misalnya, suatu negara yang tanahnya subur sangat mungkin memiliki tingkat produktivitas pertanian yang tinggi. Tingginya produktivitas pertanian merupakan modal awal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pada tahap perkembangan ekonomi selanjutnya peningkatan produktivitas pertanian akan sangat mempengaruhi perkembangan sektor industri dan jasa.