Senin, 02 Desember 2013

Bagian jantung dan fungsinya

Perikardium Jantung
Jantung manusia ditutupi oleh struktur berlapis ganda yang dikenal sebagai perikardium. Lapisan luar dikaitkan dengan pembuluh darah utama sedangkan lapisan dalam melekat pada otot jantung. Lapisan tersebut dipisahkan oleh cairan perikardial. Penutup ini seperti membran yang memegang semua bagian jantung.

Bilik Jantung
Jantung dibagi menjadi empat ruang, atrium kiri, ventrikel kiri, atrium kanan dan ventrikel kanan. Atriums adalah ruang atas jantung, sedangkan ventrikel ruang bawah jantung. Semua ruang ini dipisahkan oleh lapisan jaringan yang dikenal sebagai septum. Sisi kiri ruangan dikaitkan dengan peredaran darah beroksigen dan sisi kanan menerima darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh.

Katup Jantung
Ada empat katup di jantung yaitu katup bikuspid, katup trikuspid, katup pulmonal dan katup aorta. Mereka membantu dalam mencegah aliran balik darah dari satu ruang ke yang lain. Ini mempertahankan satu arah aliran darah yang tepat selama proses berlangsung. Katup bikuspid terdapat antara atrium kiri dan ventrikel kiri sedangkan katup trikuspid terdapat antara atrium kanan dan ventrikel kanan. Katup paru berperilaku sebagai gerbang yang menghentikan aliran balik darah dari ventrikel kanan ke arteri pulmonalis yang mengambil darah terdeoksigenasi ke paru-paru untuk pemurnian. Terakhir katup aorta, katup ini memainkan peran penting dalam menghentikan aliran balik darah dari ventrikel kiri ke aorta. Setelah darah ditransfer ke aorta ini memasok darah beroksigen ke bagian tubuh yang berbeda.

Pembuluh darah
Pembuluh darah adalah pembawa darah dalam tubuh manusia. Ini memainkan peran yang sangat penting dalam penyediaan darah ke berbagai bagian tubuh. Pembuluh darah bisa dari dua jenis, vena dan arteri. Semua pembuluh darah (kecuali vena paru) yang terlibat dalam membawa darah terdeoksigenasi dari berbagai bagian tubuh ke jantung sedangkan semua arteri (kecuali arteri pulmonalis) yang terlibat dalam memasok darah beroksigen dari jantung ke berbagai bagian tubuh.

Fungsi Jantung
Setelah mulai akrab dengan bagian-bagian yang berbeda, mari kita periksa berbagai fungsi jantung. Kita semua tahu bahwa kita membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, tetapi apakah Anda pernah berpikir bagaimana oksigen ini dipasok ke berbagai bagian tubuh? Nah, pekerjaan ini dilakukan dengan bantuan jantung. Jantung memainkan peran yang sangat penting dalam suplai dari darah beroksigen ke bagian tubuh yang berbeda. Terdeoksigenasi darah yang dikumpulkan dari berbagai bagian tubuh dan ditransfer ke jantung. Darah memasuki jantung melalui katup paru dan memasuki atrium kanan, kemudian ia pergi ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid. Dari sini darah kemudian pergi ke paru-paru untuk oksigenasi. Darah beroksigen ini kemudian dibawa kembali ke jantung dengan bantuan pembuluh darah paru dan memasuki atrium kiri. Darah kemudian pergi ke ventrikel kiri melalui katup bikuspid dan kemudian ditransfer ke aorta melalui katup aorta untuk sirkulasi lebih lanjut dari darah ke berbagai bagian tubuh.

Sebagai kerja jantung adalah kritis dan penting, bahkan penyumbatan kecil dalam aliran darah dapat berakibat fatal. Ada banyak kondisi jantung yang jika tidak ditangani dalam waktu bahkan dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu sangat penting untuk mengurusnya. Cobalah untuk menjaga kesehatan yang baik, tetap diet sehat dan memberikan tubuh Anda latihan yang tepat. Lakukanlah check-up rutin untuk mencegah diri dari masalah jantung.