Rabu, 06 November 2013

Struktur molekul suatu ATP

Molekul ATP terdiri dari basa purin, gula pentosa dan gugus fosfat. Basis purin, adenin melekat pada atom karbon 1 'dari ribosa, yang merupakan gula pentosa. Ketiga gugus fosfat yang melekat pada gula pentosa pada posisi atom karbon 5 '. Berikut ini adalah struktur molekul ATP dengan konstituennya.

Energi disimpan dalam PPP atau ikatan fosfat yang dilepaskan ketika ikatan rusak dan ATP mengkonversi menjadi ADP melalui proses hidrolisis yang juga dikenal sebagai defosforilasi.

ATP + H2O → ADP + Pi + energi (30,6 KJ / mol)

Dalam reaksi di atas, ADP adalah Adenosin Di-Fosfat dan Pi adalah fosfat anorganik. Reaksi menunjukkan pemecahan ATP dan pelepasan energi. Reaksi ini juga dapat dibalik dan ADP dapat dikonversi menjadi ATP tetapi akan membutuhkan jumlah energi yang sama yang dilepaskan selama proses yaitu 30,6 KJ. Proses ini dikenal sebagai kondensasi atau fosforilasi. Hal ini terjadi karena molekul ATP adalah sangat tidak stabil dan akan dihidrolisis segera. Ikatan antara gugus fosfat dalam molekul ATP lebih lemah daripada molekul ADP. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa kehadiran satu kelompok fosfat dapat membuat perbedaan dalam produksi energi dan konsumsi molekul.