Sabtu, 02 November 2013

Pengertian ganggang

Ganggang adalah kelompok besar organisme sederhana dan primitif, yang dapat uniseluler atau multiseluler. Kebanyakan dari mereka adalah autotrophic dan sebagai organisme autotrophic, ganggang dapat melakukan fotosintesis, seperti tanaman terestrial. Mereka mengandung klorofil, tapi tidak memiliki batang sejati, akar dan daun, struktur yang mencirikan tanaman darat.

Ganggang tertentu juga telah ditemukan untuk menjadi mixotrophic, yaitu mereka memperoleh energi dari kedua fotosintesis dan sumber-sumber lain. Seperti misalnya, beberapa ganggang melakukan fotosintesis, dan juga mengambil bahan organik terlarut secara osmosis untuk memperoleh energi, sementara beberapa spesies bergantung sepenuhnya pada sumber energi eksternal.

Ada beberapa jenis ganggang, seperti ganggang biru-hijau, ganggang merah, ganggang hijau dan ganggang coklat. Mereka kini dianggap sebagai lebih terkait dengan bakteri daripada alga. Dari semua jenis ini, ganggang hijau adalah kelompok besar, yang mengandung organisme uniseluler dan multiseluler baik.