Selasa, 12 November 2013

Pengertian faring

Faring adalah tabung berotot kecil yang menghubungkan mulut ke kerongkongan, lalu apa fungsi dari faring? Faring dikatakan memiliki peran ganda, dimana ia berfungsi baik pada sistem pernapasan dan sistem pencernaan. Namun, mari kita lihat apa saja fungsi dari faring dalam proses pencernaan dan pernapasan yang terjadi didalam tubuh kita.

Faring, berbentuk kerucut, rongga fibromuskular 5 inci panjang dalam tenggorokan terletak posterior ke rongga hidung dan mulut dan posterior laring. Inilah sebabnya mengapa faring dapat dibagi menjadi tiga wilayah tergantung pada posisi. Tiga wilayah faring tersebut adalah: nasofaring (di belakang rongga hidung), orofaring (di belakang rongga bukal) dan laryngopharynx (belakang laring). Hanya udara yang melewati dari hidung melalui nasofaring, sedangkan makanan dan udara lewat dari mulut ke orofaring. Bagian ketiga, yaitu laryngopharynx, sekali lagi hanya mengijinkan perjalanan udara pergi ke paru-paru.

Jaringan ikat tebal dan serat otot faring melampirkan ke dasar tengkorak. Selain itu, dalam dinding faring ada baik otot membujur serta melingkar. Kontraksi bergantian otot-otot ini menyebabkan bolus untuk berpindah dari faring ke dalam pipa makanan atau kerongkongan. Faring juga rumah amandel dan kelenjar gondok. Faring memainkan peran penting dalam tubuh kita. Hal ini memainkan peran baik dalam pernapasan serta sistem pencernaan.