Rabu, 20 November 2013

Karakteristik anatomi moluska

Anatomi / struktur moluska yang kompleks di alam. Salah satu fitur khusus struktur tubuh mereka adalah adanya sebuah coelom. Coelom adalah hadiah rongga dalam tubuh moluska dan yang berisi organ diskors dari polip. Mari kita cari tahu informasi lebih lanjut tentang karakteristik anatomi moluska.
Permukaan atas moluska ditutupi oleh cangkang terbentuk dari sekresi mantel. Sebuah kaki berotot hadir di bawah tubuh.

Mantel rongga adalah bagian tubuh dari moluska dibentuk oleh lipatan diproduksi di mantel. Posisi mantel bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya.
Organ hadir dalam rongga mantel meliputi organ reproduksi (gonad), insang, ginjal (nephridia) dan anus. Anus terbentuk dari sensor kimia yang disebut osphradia.

Cangkang moluska terbentuk dari kalsium karbonat (95%) dan komponen organik (1%). Biomineralisasi adalah fitur khusus kerang moluska yang memberi mereka kekuatan yang diperlukan.
Kaki para moluska melaksanakan fungsi yang berbeda di kelas yang berbeda. Sebuah organ keseimbangan disebut statocyst yang tergabung dalam struktur kaki moluska.
Dalam keong, kaki dimodifikasi menjadi pengisap yang membantu dalam hewan anchoring untuk permukaan keras.

Kaki di gastropoda mengeluarkan lendir untuk memudahkan gerakan.
Karakteristik Fisiologis Moluska
Fakta-fakta yang disajikan di bawah mengungkapkan informasi menarik tentang karakteristik filum moluska yang fisiologis di alam.