Sabtu, 02 November 2013

Jenis lensa kondensor mikroskop

Jenis lensa kondensor mikroskop

  • Abbe Kondensor
    Lensa ini adalah kondensor sederhana dengan dua lensa. Kondensor Abbe dikembangkan pada tahun 1870 dan diberi nama setelah penemunya, Karl Ernst Abbe. Hal ini terletak di bawah panggung mikroskop dan membantu mengendalikan sinar yang melewati spesimen. Ini memiliki dua kontrol yang digunakan untuk mengoptimalkan kecerahan, kontras, dan paritas cahaya. Mikroskop cahaya yang paling modern menggunakan kondensor Abbe karena kualitas serbaguna nya.
  • Kondensor Aplanatic
    Jenis lensa kondensor ini digunakan untuk mengoreksi penyimpangan bola yang menciptakan citra yang tidak sempurna dan kabur dari spesimen, karena pembiasan peningkatan sinar cahaya. Penyimpangan bola menyebabkan instrumen untuk menyimpang dari norma, mempengaruhi ketajaman gambar. Dengan bantuan kondensor aplanatic, adalah mungkin untuk memperbaiki penyimpangan bola, karena mengontrol pembiasan sinar cahaya dan memberikan gambar yang jelas.
  • Kondensor Acromatic
    Tipe ini digunakan ketika penyimpangan berwarna atau optik terjadi, yang tidak memungkinkan lensa untuk fokus semua warna dari spesimen ke titik konvergensi yang sama. Ini memberikan citra terdistorsi spesimen. Ini terjadi ketika lensa memiliki indeks bias yang berbeda untuk panjang gelombang cahaya yang berbeda dan itu dapat diperbaiki dengan menggunakan kondensor acromatic. Kondensor Acromatic umumnya digunakan dalam mikroskop memiliki kekuatan pembesaran tinggi.
  • Aplanatic dan Acromatic
    Tipe ini merupakan kombinasi dari lensa kondensor aplanatic dan acromatic. Hal ini digunakan untuk memperbaiki kedua penyimpangan bola dan optik. Alih-alih menggunakan lensa aplanatic dan acromatic secara terpisah, hal ini menguntungkan untuk menggunakan kondensor aplanatic dan acromatic karena melayani tujuan ganda.