Rabu, 13 November 2013

Fungsi pankreas

Kerongkongan membawa makanan dari mulut dan mengosongkan ke perut. Asam lambung memecah makanan dan kemudian makanan diteruskan ke duodenum (bagian pertama dari usus kecil). Di sini, empedu dan jus pankreas membantu proses pencernaan. Enzim pankreas menetralisir asam lambung. Campuran protein dan natrium bikarbonat diproduksi di pankreas membantu mengurangi keasaman makanan (chyme) masuk ke duodenum. Enzim dan natrium bikarbonat terus-menerus dilepaskan oleh pankreas tetapi mereka dirilis dalam jumlah yang sangat kecil (sekitar 0,2-0,3 ml per menit). Begitu makanan dirasakan di usus kecil, pankreas mulai mensekresi sejumlah besar cairan pankreas (sekitar 3 ml per menit).

Sejumlah faktor memicu enzim pankreas untuk membuang ke bagian pertama dari usus kecil. Ini termasuk persepsi visual dari makanan, bau, rasa, dan konsumsi makanan, distensi perut seperti mengisi dengan makanan, kehadiran berbagai hormon pencernaan, dll jenis tertentu dari peptida disebut polipeptida pankreas (PP) yang diproduksi oleh pankreas, maka pengekangan enzim sekresi. Para saraf vagal memicu sekresi PP. Studi menunjukkan bahwa makanan tertentu menghambat sekresi enzim. Asam lemak dan monogliserida sangat mempengaruhi sekresi enzim pankreas. Dengan demikian, apa yang Anda makan mempengaruhi fungsi pankreas sangat.

Kadar glukosa darah yang abnormal serius dapat mempengaruhi fungsi organ penting seperti otak, ginjal dan hati. Sebagaimana disebutkan di atas, hormon pankreas mengatur kadar glukosa darah dan memastikan berfungsinya organ-organ penting.