Minggu, 17 November 2013

Bobot paru kanan lebih dari paru paru kiri

Paru-paru kanan lebih pendek dari paru-paru kiri sekitar lima sentimeter. Hal ini disebabkan diafragma naik lebih tinggi di sisi kanan sehingga dapat mengakomodasi hati. Namun, paru-paru kanan lebih luas karena kecenderungan jantung di sisi kiri. Karena alasan ini, total kapasitas, volume dan berat paru-paru kanan lebih daripada paru kanan lung.The kiri memiliki tiga lobus paru-paru:

  • Lobus superior
  • Lobus tengah dan
  • Lobus inferior
Ini dipisahkan dari satu sama lain oleh celah interlobular. Salah satu celah ini, celah miring, memisahkan lobus inferior paru dari lobus tengah dan unggul. Fissure ini terkait erat dengan celah di paru-paru kiri. Namun, arahnya lebih vertikal dan memotong batas bawah dari paru-paru kanan sekitar 7,5 cm di belakang ekstremitas anterior nya. Fisura lainnya, yang merupakan celah horisontal, memisahkan superior dari lobus tengah. Celah ini dimulai pada fisura sebelumnya dekat perbatasan posterior paru-paru dan berjalan horizontal ke depan, memotong perbatasan anterior pada tingkat dengan ujung sternal dari kartilago kosta keempat. Pada permukaan mediastinal paru-paru, dapat ditelusuri ke belakang untuk hilus.

Lobus tengah adalah yang terkecil dari semua lobus paru dari paru-paru kanan. Ini adalah berbentuk baji dan termasuk bagian bawah perbatasan anterior dan bagian anterior dari dasar paru-paru. Hak lobus atas adalah salah satu lobus paru-paru terbesar dan terletak di permukaan anterior dada, mengambil sebagian besar ruang di sini. Di sisi lain, lobus kanan lebih rendah terutama terletak di bagian permukaan posterior dada dan sangat sedikit yang diproyeksikan ke dada anterior.