Senin, 11 November 2013

Apa yang dimaksud dengan sel diploid

Menurut definisi, itu adalah sebuah organisme atau sel yang berisi ganda set kromosom (2n), salah satu warisan dari ibu dan satu warisan dari ayah. Definisi lain juga meliputi orang pribadi yang berisi satu set kromosom ganda per sel. Jaringan somatik tumbuhan tingkat tinggi dan hewan berisi konten yang diploid kromosom.

Hampir semua hewan memiliki jumlah diploid sel. Semua organisme yang menghasilkan seksual, memiliki dua salinan dari kromosom yang memiliki asal-usul yang berbeda, yaitu ayah dan ibu. Ini membantu dalam pencampuran gen yang menimbulkan keturunan yang lebih baik.

Ada beberapa spesies yang memiliki sel haplodiploid. Di sini, satu jenis kelamin (kebanyakan laki-laki) mengandung sel-sel haploid dan jenis kelamin yang lain (perempuan) memiliki sel-sel diploid. Laki-laki telah berkembang dari telur yang tidak dibuahi dan betina berkembang dari telur yang dibuahi. Dengan demikian, mereka memiliki satu set lengkap kromosom. Contoh dalam kasus seperti itu, termasuk serangga seperti semut, lebah dan tawon, di mana ratu memiliki jumlah diploid kromosom.

Contoh lain, adalah ras manusia. Manusia berisi 2 set kromosom dalam sel mereka. Sel-sel somatik atau non-seks sel mengandung 46 kromosom masing-masing. Ada 22 set kromosom autosom dan 1 set kromosom seks. Hal ini membawa total menjadi 23 set kromosom. Setelah pembuahan, sel-sel somatik menerima 23 kromosom dari setiap orangtua membuat jumlah kromosom dalam sel 46.