Senin, 14 Oktober 2013

Manfaat serta kelebihan menjadi seorang vegetarian

Manfaat serta kelebihan menjadi seorang vegetarian

  • Lebih hemat karena harga makanan nabati biasanya secara umum lebih murah dibandingkan dengan makanan hewani seperti daging sapi, daging ular, daging kerbau, dan lain sebagainya. Kita akan hemat banyak pengeluaran uang untuk makan.
  • Membuat kita sehat lahir dan batin serta memperpanjang usia hidup kita karena makanan hewani seperti daging umumnya dapat mempersempit pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang akibatnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.
  • Makanan hewani umumnya masih mengandung zat kimia beracun seperti pestisida, karsinogen, merkuri, arsenik, dan sebagainya yang tidak bisa hilang dengan cara dibersihkan dengan air maupun dimasak.
  • Wanita yang akan menopause tidak akan tersiksa karena makanan kacang kedelai, apel, cheri, korma, zaitun, dan lain sebagainya yang kaya fitoestrogen alami.
  • Bisa mendapatkan asupan kalsium nabati yang lebih murah dengan mengonsumsi susu kedelai, tahu, tempe, kacang merah kering, sayuran hijau tua, dan lain sebagainya. Tidak perlu minum susu sapi yang harganya lebih mahal hanya untuk mendapatkan kalsium.
  • Lebih sehat karena makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita serta tidak mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada peredaran darah. Makanan tinggi protein hewani menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya yang bisa menimbulkan korban jiwa.
  • Makanan nabati membantu proses penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu pula kita akan terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dan lain sebagainya.
  • Diet vegetarian yang sehat dan wajar bisa mengurangi berat bobot badan berlebih tanpa rasa lapar dengan nilai kalori yang sama dengan makanan hewani. Apabila dimasak dan diolah tidak sesuai selera kita maka kita akan makan makanan vegetarian secukupnya sehingga tidak akan menyebabkan obesitas / kelebihan berat badan.