Rabu, 03 Juli 2013

Persiapan Mental atau Psikis pre op sectio ceasarea

 Persiapan mental merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam proses persiapan operasi karena mental pasien yang tidak siap atau labil dapat berpengaruh terhadap kondisi fisiknya. Tindakan pembedahan merupakan ancaman potensial maupun aktual pada integritas seseorang yang dapat membangkitkan reaksi strees fisiologis maupun psikologis. (Barbara C. Long, 2005).

Secara mental penderita harus dipersiapkan untuk menghadapi pembedahan, karena selalu ada rasa cemas, takut terhadap penyuntikan, nyeri luka, anestesi, bahkan terhadap kemungkinan cacat atau mati.  Dalam hal ini hubungan baik antara penderita, keluarga,perawat dan dokter sangat menentukan. Atas dasar pengertian, penderita dan keluarganya dapat memberikan persetujuan dan  ijin untuk pembedahan (Sjamsuhidajat dan Jong 2004 : 426).

Respon psikologis secara umum berhubungan dengan adanya ketakutan-ketakutan terhadap anestesi, diagnosis yang belum pasti, keganasan, nyeri, cerita yang mengerikan dari orang lain dan sebagainya. Itu adalah gambaran atau fakta tentang kecemasan pre operasi. Pasien yang akan  menjalani pembedahan sangat membutuhkan informasi yang berhubungan dengan prosedur tindakan yang akan dilakukan terhadap dirinya. (Depkes RI,1989).