Sunday, 30 June 2013

Pengertian NGT

NGT atau Naso Gastrik atau NG tube adalah suatu selang yang dimasukan melalui hidung sampai kelambung, sering digunakan untuk memberikan nutrisi dan obat-obatan kepada seseorang yang tidak mampu untuk mengkonsumsi makanan cair dan obat-obatan secara oral. juga dapat digunakan untuk  mengeluarkan isi lambung dengan cara di sedot.
NGT sering digunakan untuk menghisap lambung juga digunakan untuk memasukan obat-obatan dan makanan. NGT ini hanya digunakan dalam waktu yang singkat (Metheny dan Titler.2001)

Memasang NGT adalah melakukan pemasangan selang (Tube) dari rongga hidung kedalam lambung /gaster (Asmadi, 2008)

Nasogastric terdiri dari dua kata, dari bahasa yunani. Naso adalah suatu kata yang berhubungan dengan hidung dan berasal dari bahasa latin “nasus” untuk hidung atau moncong hidung. Gastric berasal dari bahasa yunani “Gaster” yang artinya the paunch (perut gendut) atau yang berhubungan dengan perut. Istilah “nasogastric” bukan istilah kuno melainkan sudah disebut pada tahun 1942 (Metheny dan titler, 2001).

Pada bayi baru lahir selang lambung dapat dipasang melalui suatu lubang hidung atau dimulut. Pasang selang melalui hidung jika bayi bernafas secara teratur dengan menggunakan selang terkecil yang tersedia. Pasang selang melalui mulut jika selang dibutuhkan untuk drainase lambung untuk pemberian makan bayi yang mengalami kesulitan bernafas, jika hanya tersedia selang yang ukurannya relatif besar.