Sabtu, 08 Juni 2013

Pengertian keturunan

Faktor keturunan mempunyai peran dalam hipertensi, jika kedua orang tua menderita hipertensi kemungkinan besar individu terkena penyakit hipertensi sebesar 60 % karena ada faktor gen keturunan yang berperan.

Gen adalah potongan DNA (deoksiribonukleat acid) yang diwariskan dari orang tua kepada anak – anaknya yang menentukan siapa kita dan bagaimana kita berfungsi pada tingkat selular dasar. Pewarisan informasi genetik adalah suatu peristiwa pemastian bahwa pewarisan gen – gen antar generasi terjadi tanpa ada kesalahan dan pemberian kesempatan yang terjadi variasi gen agar spesies dapat beradaptasi dan bertahan hidup. Kadang – kadang kesalahan (mutasi) menyebabkan spesies yang bersangkutan semakin maju namun adakalanya mutasi menyebabkan penyakit dan kematian (Corwin, 2000 : 34).

Gen terbentuk dari untaian DNA yang tersusun dari protein yang bersintesis. Pembentukan protein  biasanya terurai menjadi beberapa segmen (ekson) yang dipisahkan oleh segmen yang tidak ditranlasikan (invitron). Invitron mempunyai fungsi mendorong perubahan dalam pesan genetik sehingga membantu evolusi. Kelainan genetik yang menyebabkan lebih dari 600 penyakit yang telah diidentifikasi pada manusia. Banyak penyakit ini jarang dijumpai, tetapi sebagian relatif cukup sering dan sebagian menyebabkan kelainan yang parah dan akhirnya fatal (Ganong, 2002 : 26). 

Keturunan atau predisposisi genetik terhadap penyakit tertentu merupakan faktor risiko yang paling utama. Faktor keturunan yang terdokumentasi sebagai  faktor risiko antara lain adanya riwayat keluarga yang menderita hipertensi dan penyakit jantung, kanker, dan penyakit ginjal (Potter, 2005 : 17).