Sabtu, 29 Juni 2013

Manfaat sarapan pagi

Menurut Aku ( 2008 ), sarapan di pagi hari mempunyai beberapa manfaat, yaitu :

  • Memberi energi untuk otak
    Hanya minum teh manis atau makan beberapa potong biskuit hingga waktunya makan siang bukan merupakan sarapan, karena belum cukup memberikan energi untuk otak. Makan makanan secara benar dan dengan gizi yang seimbang akan memberikan energi yang cukup. Manfaat sarapan adalah meningkatkan kemampuan otak, menjaga tubuh tetap langsing dan meningkatkan semangat atau suasana hati.
  • Meningkatkan asupan vitamin
    Jus buah segar adalah sarapan yang paling dianjurkan karena mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman tidak makan. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan makan sereal atau roti. Menu pilihan lain bisa berupa roti dan telur, bubur, susu dan cornflakes,      mi, pasta dan lain-lain.
  • Memperbaiki memori
    Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman akan membuat otak kelaparan. Jika tubuh tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.
  • Memperkuat ikatan dalam keluarga
    Sarapan bersama keluarga berarti mempertemukan keluarga untuk diskusi banyak hal bersama - sama. Riset menunjukkan bahwa keluarga yang duduk bersama saat sarapan akan lebih dekat secara emosi satu sama lain dibandingkan keluarga yang anggotanya masing-masing buru-buru pergi ke kantor atau ke sekolah. Hal ini bisa terjadi pula pada pasangan suami istri.
  • Meningkatkan daya tahan terhadap stress
    Sebuah penelitian pada sebuah perusahaan multinasional mengungkapkan bahwa karyawan yang melewatkan sarapan paginya ternyata lebih mudah terkena depresi. Sebaliknya, mereka yang sempat sarapan merasa lebih puas dan menunjukkan minat yang tinggi terhadap pekerjaan. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa karyawan yang sarapan akan mendapatkan asupan lebih banyak vitamin A, D, E, zat besi, dan kalsium dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.