Senin, 22 April 2013

Syarat syarat dari sel elektrokimia

Syarat syarat dari sel elektrokimia

  • Bahan pengoksidasi dan pereduksi tidak terjadi kontak fisik satu sama lain, tetapi terdapat pada kompartemen terpisah yang disebut setengah sel. Masing-masing setengah sel terdiri atas larutan dan elektroda (bahan pengantar dari logam)
  • Bahan pengoksidasi dan pereduksi dalam setengah sel apakah elektroda itu sendiri atau zat padat yang diendapkan pada elektroda itu atau gelembung gas di sekitar elektroda atau zat terlarut dalam larutan dimana elektroda itu berada.
  • Larutan kedua setengah sel dihubungkan dengan jembatan garam sehingga ion ion dapat bergerak diantara keduanya. Jembatan garam berupa elektrolit misalnya kalium sulfat, natrium klorida, kalium klorida dan kalium nitrat.
    Dalam sel Galvani oksidasi diartikan sebagai dilepaskannya elektron oleh atom, molekul atau ion dan reduksi berarti diperolehnya elektron oleh partikel-partikel itu. Sebagai contoh reaksi oksidasi sederhana dan berlangsung spontan adalah bila lembar tipis zink dibenamkan dalam suatu larutan tembaga sulfat maka terjadi logam tembaga menyepuh pada lembaran zink dan lembaran zink lambat laun melarut dan dibebaskan energi panas. Reaksinya adalah:
    Zn + CuSO4 ZnSO4 + Cu
    Reaksi yang sebenarnya adalah antara ion zink dengan temabaga seperti berikut
    Zn + Cu Zn2+ + Cu.