Selasa, 19 Maret 2013

Apakah pengetahuan pancasila bersifat ilmiah

Bukti pertama: dalam pengetahuan pancasila juga memiliki metode penelitiaan terbukti dengan adanya objek material dari pancasila yaitu sila-sila pancasila, sila-sila ini harus di teleti kebenaranya, apakah benar ini dari nenek moyang bangsa Indonesia atau tidak ?? dengan meneliti pengetahuan pancasila ini maka terbukti bahwa pengetahuan pancasila bersifat ilmiah dalam kajianya. Karena ilmu yang bersifat ilmiah meneliti kajianya sub ilmunya

Bukti selanjutnya bahwa pengetahuan pancasila merupakan bagian dari filsafat, karena objek material pengetahuan pancasila di kaji melalui filsafat, jelaslah pengetahuan in mempunyai sifat-sifat seperti Sistematis Konsisten (antar teori tidak bertentangan), Eksplisit (disepakati dapat universal, bukan hanya kecil),  Ilmiah benar (pembuktian dengan metode ilmiah).

Dalam filsafat juga di kenal filsafat mekanik yang di anut oleh Galileo Galilei, dan pernyataan Descartes yang menganggap semua gejala fisik diijelaskan dengan kaidah mekanik, dari peryataan tentang mekanik atau mesin tentunya sudah membuktikan bahwa filsafat juga bersifat ilmiah. Karena filsafat bersifat ilmiah maka pengetahuan pancasila itu pun ilmiah, karena objek materialnya di kaji melalui filsafat.  

Bukti selanjutnya yaitu pengetahuan pancasila mengandung beberapa kausa atau sebab musabab, dalam teori ini di jelaskan bahwa pengetahuan pancasila terdiri dari causa, yang paling pas mencirikan bahwa pengetahuan pancasila ilmiah adalah Causa Formalis karena causa ini menjelaskan bahwa pancasila ialah formulasi dari pemikiran dari anggota Bpupki, jadi tentu pemikiran ini di dasarkan atas analisis seperti ilmu-ilmu yang mengandung unsure ilmiah.

Jadi causa ini  menjelaskan bahwa pengetahuan pancasila bersifat ilmiah menurut, saya adalah bahwa pengetahuan pancasila itu identik dengan analisis, kitapun sebagai mahasiswa tidak berhenti megali filosofi dari pancasila tersebut.

Bukti selanjutnya pengetahuan pancasila mengandung sebuah kebenaran, ilmiah pun mengandung sebuah kebenaran karena di teliti. Analisis di dalam pengetahuan pancasila untuk mencari sebuah kebenaran,  dari lima prinsip hidup manusia .

Bukti selanjutnya bahwa pengetahuan pancasila berangkat dari dari sebuah Hipotesis atau sebuah teori yang mesti harus di kaji lagi.

Nah teori-teori lain seperti teori-teori pengetahuan alampun mengkaji teori yang ada dalam kebatangan ilmunya. Sifat ilmu dikatakan ilmiah yaitu bagaimana ilmu tersebut dalam kajianya menganalisis teori yang ada, meneliti kembali teori tersebut, hal-hal tersebut ada dalam pengetahuan pancasila. Dalam pengetahuan pancasila yang mesti di kaji lagi teorinya adalah makna dari sila-sila pancasila.

Kesimpulan dari jawaban saya bahwa pengetahuan pancasila bersifat illmiah dalam kajian ilmunya.