Senin, 18 Februari 2013

Terbentuknya bangsa

Walaupun dikalangan pakar kenegaraan belum ada persaman pendapat tentang bangsa,  namun factor objektif yang terpenting dari pengertian suatu bangsa adalah kesamaan seperti adanya khendak atau kemauan bersama yang lebih dikenal dengan nasionalisme

Terbentuknya bangsa karena adanya factor objektif tertentu seperti:kesamaan keturunan, wilyah, bahasa ,adat istiadat ,perasaan dan agama ,sepert yang dikemukan oleh Hans kons.

Menurut Fiedric Hertz dari jerman dengan bukunya yang berjudulnationalityin history and political mengemukakan bahwa setiap bagsa memiliki 4 unsur aspirasi seperti:

  • Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri dari kesatuan politik, ekonomi, social, agama, kebudayaan, komunikasi dan solidaritas
  • Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya, yaitu: bebas dari dominasi dan campur tangan orang asing terhadap urusan luar negeri.
  • Keinginan dalam kemandirian, keungulan, individualitas,keaslian atau keabsahan. Misalnya menjungjung tinggi bahasa nasional yang mandiri.
  • keinginan untuk menonjol (unggul) dari bangsa-bangsa dalam mengejar kehormatan, pengaruh dan prestise.