Selasa, 12 Februari 2013

Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan

Secara umum nilai yang dikandung di dalam sila ini adalah nila-nilai demokrasi dimana nilai-nilai ini membawa kita dalam kehidupan yang menghargai dan mengakui hak azasi yang dimiliki manusia khususnya untuk bidang politik.

Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara demokrasi dimana yang memegang kedaulatan tertinggi adalah rakyat. Dengan pemerintah yang menjadi wakil rakyat untuk menjalankan kedaulatan yang dimiliki rakyat dengan tetap menggunakan rasio dan akal sehat yang dimiliki manusia tersebut.

Negara kita juga memiliki suatu sistem yang digunakan dalam mencapai dan mengambil suatu keputusan yaitu musyawarah mufakat. Dengan adanya musyawarah ini kita dapat mengetahui bahwa nilai-nilai kebersamaan di negara kita ini masih sangatlah tinggi dan dipertahankan hingga sekarang.
Jadi dapat kita ketahui bahwa dengan sila keempat ini kita harusnya menyadari kapasitas kita dalam berpolitik sehingga apa yang menjadi hak dan kewajiban kita dapat kita laksanakan dengan baik dengan tanpa mengganggu otang lain khususnya dalam bidang politik.