Rabu, 06 Februari 2013

Sebagai suatu organisasi regional ASEAN memiliki tujuan

Sebagai suatu organisasi regional ASEAN memiliki tujuan sebagai berikut

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan dari wilayah ini melalui usaha-usaha bersama, berdasarkan semangat persamaan, persekutuan dan hidup damai di kalangan bangsa-bangsa Asia Tenggara.
  • Memajukan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan saling menghormati keadilan dan tata tertib hukum dalam hubungan antarnegara di wilayah ini, selain menaati prinsip-prinsip dari Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  • Meningkatkan kerja sama secara aktif dan saling bantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
  • Memberikan bantuan satu sama lain dalam fasilitas-fasilitas latihan dan penelitian di sektor-sektor pendidikan, profesi, teknik, dan administrasi.
  • Bekerja sama secara lebih efektif dalam memanfaatkan lebih besar bidang-bidang pertanian dan industri, perluasanperdagangan termasukstudi-studi masalah-masalah perdagangan komoditi internasional, perbaikan fasilitas-fasilitas angkutan dan komunikasi, serta dalam memajukan taraf hidup rakyat masing-masing.
  • Meningkatkan studi mengenai Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang maksud dan tujuannya sama, serta mengikhtiarkan segala jalan untuk lebih mempererat lagi kerja sama antara negara-negara itu sendiri.
    Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, ASEAN telah beberapa kali menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Para delegasi KTT ASEAN bersama-sama me-rumuskan rencana program kerja sama ASEAN yang menguntungkan semua pihak dan menilai sejauh mana keberhasilan pencapaian program-program tersebut.