Jumat, 15 Februari 2013

pengetahuan pancasila bersifat ilmiah

Pengetahuan pancasila bersifat ilmiah menurut saya adalah “ iya”
Karena pengetahuan pancasila merupakan bagian dari filsafat, objek material pengetahuan pancasila di kaji melalui filsafat. Jelaslah pengetahuan ini mempunyai sifat-sifat seperti Sistematis Konsisten, Eksplisit, Ilmiah benar (pembuktian dengan metode ilmiah).

pengetahuan pancasila mengandung beberapa kausa atau sebab musabab, dari beberapa kausa tersebut yang paling pas mencirikan bahwa pengetahuan pancasila ilmiah adalah Causa Formalis karena causa ini menjelaskan bahwa pancasila ialah formulasi dari pemikiran dari anggota BPUPKI, jadi tentu pemikiran ini di dasarkan atas analisis seperti ilmu-ilmu yang mengandung unsure ilmiah. Jadi causa ini  menjelaskan bahwa pengetahuan pancasila bersifat ilmiah

dan teori-teori yang terdapat dalam pembelajaran pancasila masih banyak yang harus di kaji seperti pencasila sebagai dasar negara, makna dari sila-sila dari pancasila dan lain sebagainya. pengetahuan pancasila mengandung sebuah kebenaran, ilmiah pun mengandung sebuah kebenaran karena di teliti.
Jadi, dari bukti yang saya sebutkan di atas maka dapat saya simpulkan bahwa pengetahuan pancasila bersifat ilmiah.

Pengetahuan pancasila bersifat universal, nilai – nilai  dasar dari sila pertama sampai kelima bersifat mendunia meliputi  :
sila

  • ke- 1 yaitu ketuhanan,
  • ke- 2 yaitu kemanusiaan,
  • ke- 3 yaitu persatuan,
  • ke- 4 yaitu kerakyatan dan
  • ke- 5 yaitu keadilan
Dari kelima intisari pancasila tersebut berlaku umum dan bersifat universal, karena kelima dasar tersebut di berlakukan secara universal dan tidak ada yang tidak menginginkan atau merasa terkekang  dari nilai-nilai pancasila yang bersifat universal tersebut.