Sabtu, 03 November 2012

Penerapan penganggaran berbasis kinerja

Menerapkan penganggaran berbasis kinerja berarti mengubah cara lembaga mengajukan permintaan anggaran sebagaimana mengubah cara pembuat kebijakan dalam mengambil keputusan.

Formalisasi dari persyaratan penganggaran berbasis kinerja menciptakan sebuah kerangka atau proses sehingga data kinerja dipertimbangkan dalam proses penganggaran. Tidak disebutkan bahwa hal ini merupakan proses yang kompleks yang terkadang sulit untuk diterapkan.

Karena banyak pemerintahan dan organisasi nirlaba tidak mengumpulkan data kinerja sebagai suatu kegiatan rutin, menerapkan penganggaran berbasis kinerja berarti tidak hanya menyempurnakan proses penganggaran, namun juga mengembangkan suatu proses yang paralel atau bersamaan yang mengidentifikasi penganggaran berbasis kinerja dan mengumpulkan serta melaporkan data sedemikian rupa sehingga terkoordinasi dengan siklus anggaran yang ada. Dengan demikian, menerapkan penganggaran berbasis kinerja sering diartikan sebagai menempatkan kegiatan pengukuran kinerja pada tempat pertama.