Jumat, 02 November 2012

Keuntungan menggunakan balanced scorecard

Balanced Scorecard telah muncul sebagai sebuah alat yang telah terbukti dalam menyediakan informasi kinerja yang sangat berarti. Balanced Scorecard bukan hanya untuk organisasi–organisasi besar, tetapi juga kecil dan menegah. Semua menyebutkan bahwa kesederhanaan, focus pada strategi dan kemampuan untuk mengarahkan sebagai manfaat kunci dari kerangka kerja.

Bagaimana dengan organisasi non profit dan instansi pemerintah? Berikut adalah keuntungan yang diharapkan :

  • Menunjukkan Akuntabilitas dan Menghasilkan Hasil/akibat (result)
    Balanced Scorecard dengan fokusnya pada tugas dan strategi serta pandangan yang luas pada kinerja memungkinkan hal tersebut. Untuk menjadi akuntable dan menunjukkan hasil diperlukan secara akurat dalam mengukur kinerja yang sebenarnya. Anda perlu untuk menunjukkan kemajuan pada tingkat yang tinggi, sasaran yang berdasarkan tujuan yang diharapkan oleh konstituen.
  • Menarik Sumber Daya yang Langka ( Pemodal dan Pekerja )
    Dengan menggunakan Balanced Scorecard, melaporkan kemajuan dalam mencapai sasaran strategis, dan membuktikan efektifitas dan efisiensi, Anda dapat memastikan pindahnya dari sumber-sumber daya yang langka ke dalam organisasi Anda.
  • Menciptakan Sebuah Fokus Dalam Strategi
    Menterjemahkan strategi menjadi sebuah tindakan adalah kegunaan yang utama dari Balanced Scorecard. Dia memungkinkan Anda untuk focus pada apa yang sebenarnya menjadi masalah, beberapa titik kritis dari kesuksesan yang menggerakkan strategi Anda dan membawa pencapaian dari misi Anda.
  • Menghasilkan Informasi, bukan Data
    Balanced Scorecard secara eksklusif terletak dalam daerah informasi. Ini dimungkinkan karena Balanced Scorecard hanya mengukur beberapa titik kritis dari penggerak suksesnya organisasi.
  • Terjaga Dengan Sendirinya
    Balanced Scorecard memungkinkan Anda untuk menunjukkan hasil yang bermutu dengan harga yang efisien.
  • Gerakan Perubahan
    Pengukuran dari Balanced Scorecard dapat membantu Anda membuat gerakan yang memenuhi hasil yang Anda inginkan.
  • Membangkitkan Kepercayaan
    Telah dijelaskan diatas bahwa Balanced Scorecard dapat menunjukkan akuntabilitas dan menarik sumber daya yang langka. Hasil dari kedua hal tersebut adalah peningkatan  kepercayaan.